Pengembangan Kurikulum Model Action-Research


Model Action-Research ini didasarkan pada asumsi bahwa perkembangan kurikulum merupakan perubahan sosial. Hal itu mencakup suatu proses yang melbatkan kepribadian orang tua, siswa guru, strutur sistem sekolah, pola hubungan pribadi dan kelompok dari sekolah dan maysrakat. Sesuai dengan asumsi model tersebut model ini menekenakan pada tiaga hal itu: hubungan insane, sekolah dan organisasi masyarakat, serta pengetahuan professional.
Kurikulum dikemabangkan dalam konteks harapan warga masyarakat, para orang tua, tokoh masyarakat, pengusaha, siswa, guru, dll, mempumyai pandangan tentang bagimana pendidikan, bagimana anak belajar, dan bagimana peranan kurikulum dalam pendidikan dan pengajaran. Penyusunan kurikulum harus memasukan pandanagn dan harapan-harapan masyarakat, dan salah satu cara untuk mencapai hal itu adalah dengan prosedure action research.
Langkah pertama, mengadakan kajian secara seksama tentang masalah kurikulum, berupa pengumpulan data yang bersifat menyeluruh, dan mengidentifikasi faktor-faktor, kekuatan dan kondisi disusun rencana yang menyeluruh tentang cara menagtasi masalah-masalah tersebut, seta tindakan yang harus diambil.
Langkah kedua, implementasi keputusan yang dimabil dalam tindakan pertama. Tindakan ini segera diikuti oleh kegaiatan pengmpulan data dan fakta-fakta  Kegiatan pengumpulan data ini memeliki beberapa fungsi :
a.       Memnyiapakan data bagi evaluasi tindakan
b.      Sebagai pemahaman masalah yang dihadapi
c.       Sebagai bahan menialai dan mengadakan modifikasi
d.      Sebagai bahan untuk untuk menentukan tindkan lebih lanjut 

 Referensi [dari berbagai sumber internet]

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengembangan Kurikulum Model Rogers

Pengembangan Kurikulum Model Administrasi